Rabu, 14 Januari 2015

contoh RPP mata pelajaran Fisika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                         :    SMP

Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1

Mata Pelajaran            :    IPA Fisika

Standar Kompetensi     :    1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar        :    1.1  Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta
satuannya.

Indikator                      :    1.     Mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari lalu mengelompokkannya dalam besaran pokok dan besaran turunan.

                                           2.     Menggunakan Satuan Internasional dalam pengukuran.

                                           3.     Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu secara sederhana.

                                           4.     Menggunakan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:

                                           1.     Menjelaskan pengertian besaran dan satuan.

                                           2.     Mengelompokkan besaran pokok dan besaran turunan.

                                           3.     Menggunakan Satuan Internasional sesuai dengan besaran yang diukur dalam pengukuran.

                                           4.     Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu terhadap hasil pengukuran.

                                           5.     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Pembelajaran   :    Besaran dan Satuan

Metode Pembelajaran  :    Model

                                           -      Direct Instruction (DI)

                                           -      Cooperative Learning

                                           Metode

                                           -      Diskusi kelompok

                                           -      Eksperimen



Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA



a.    Kegiatan Pendahuluan

       .      Motivasi dan apersepsi

             -     Apakah semua gejala alam termasuk ke dalam besaran?

             -     Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?

       .      Prasyarat pengetahuan

             -     Apakah yang dimaksud dengan besaran dan satuan?

             -     Apakah Satuan Internasional?

       .      Pra eksperimen

             -     Berhati-hatilah dalam membaca skala mistar.



b.    Kegiatan Inti

       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.

       .      Secara kelompok, peserta didik mendiskusikan pengertian besaran dan klasifikasinya, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok meng-komunikasikannya.

       .      Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

       .      Setiap kelompok diberi tugas untuk mengukur panjang dan lebar meja guru dengan jengkalnya masing-masing dan mistar plastik.

       .      Peserta didik secara berkelompok melakukan pengukuran panjang dan lebar meja guru dengan jengkalnya masing-masing dan mistar plastik.

             .      Peserta didik dari setiap kelompok membandingkan data pengukuran yang diperolehnya dengan data anggota kelompok yang lain.



c.    Kegiatan Penutup

       .      Peserta didik (dibimbing guru) melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.

       .      Peserta didik (dibimbing guru) membuat kesimpulan hasil belajar.  

       .      Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang telah disampaikan.





PERTEMUAN KEDUA



a.    Kegiatan Pendahuluan

       .      Motivasi dan apersepsi

             Secara klasikal guru memberi pertanyaan; apakah manfaat Satuan Internasional?

       .      Prasyarat pengetahuan

             Peserta didik diminta untuk menyebutkan satuan untuk besaran panjang, waktu dan massa.



b.    Kegiatan Inti

       .      Melalui diskusi kelas, guru memberikan informasi tentang Satuan Internasional dari besaran pokok dan besaran turunan.

       .      Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas untuk menuliskan beberapa contoh penyajian hasil pengukuran, kemudian mengkonversikannya ke dalam Satuan Internasional.

       .      Guru memberikan informasi cara mengkonversikan satuan dengan memakai tangga konversi dimana setiap kali turun 1 anak tangga dikali 10, sedangkan jika naik dibagi 10.

       .      Guru memberikan contoh soal latihan cara mengkonversi satuan panjang dengan menggunakan tangga konversi.

       .      Peserta didik diminta untuk menyebutkan beberapa hasil pengukuran yang biasa mereka temui dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mengkonversikannya ke dalam Satuan Internasional.



c.    Kegiatan Penutup

       .      Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal tentang besaran dan satuan



Sumber Belajar

a.    Buku IPA Fisika Jl.1  halaman 7-24

b.    Buku kerja

c.    Lingkungan sekitar

d.    Alat ukur



Penilaian Hasil Belajar

a.    Teknik Penilaian:

       -      Tes tertulis

b.    Bentuk Instrumen:

       -      Isian dan PG

c.    Contoh Instrumen:

       -      Instrumen tes Isian

             Sebutkan satuan SI untuk setiap besaran pokok!

       -      Contoh tes PG

             Satuan dari besaran turunan ditentukan oleh....

             a. jumlah besaran pokok                

             b. jenis alat ukur yang digunakan   

             c. nilai besaran turunan

             d. satuan besaran pokok penyusunnya



































                                                                                                                  ...............,......................

Mengetahui

Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran









......................                                                                                                  ... ..............................

NIP.                                                                                                                 NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar